Berbagi Tips Sukses Bisnis Online bagi Pemula

Di zaman yang canggih seperti sekarang, pelaku usaha manapun seakan harus memiliki strategi baru agar bisa menggaet para konsumennya. Apalagi saat ini semuanya dilakukan secara online. Nah, bagi Anda yang belum berpengalaman, berikut ada tips sukses bisnis online bagi pemula.

Sebagai seorang pemula yang akan memulai bisnis secara online, tentu saja ada beberapa langkah-langkah dalam mempersiapkan segalanya. Tidak boleh sembarangan, termasuk produk apa yang akan diperjual belikan. Berikut ini ada penjelasan mengenai tips sukses berbisnis online.

Tips Sukses Bisnis Online Bagi Pemula

1. Persiapkan Mental

Sebelum memulai berbisnis online, persiapkan mental Anda terlebih dahulu. Paling tidak sudah mempunyai bekal pengalaman berjualan offline atau online supaya kedepannya lebih mengerti atau paham bagaimana cara menangani konsumen.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah membangun kepercayaan dengan para pelanggan serta kualitas pelayanan. Sebagai pelaku usaha, customer service harus baik agar konsumen merasa nyaman saat berbelanja di tempat tersebut.

2. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Selanjutnya Anda tentukan produk yang akan dijual secara online, misalnya bisnis minuman kekinian atau jual sebuah produk yang paling dikuasai dan dipahami beserta kelebihan dan kekurangannya supaya nanti sebagai pebisnis bisa menjelaskan secara rinci tentang detail dari produknya.

Jikalau memang tidak mengetahui detail dari produk yang dijual, masih bisa mencari lewat internet beberapa informasi yang bersangkutan. Paling tidak, saat konsumen bertanya apa kelebihan dan kekurangan produk, maka bisa leluasa menjawab dengan lancar dan meyakinkan.

3. Perencanaan Bisnis

Lakukan perencanaan bisnis setelah selesai menentukan produk apa yang akan dijual secara online. Yaitu, rencanakan secara garis besarnya seperti apa nama toko atau olshopnya, harga yang akan diberikan di setiap produk, ataupun tata cara dalam pengiriman.

Kemudian jangan lupa untuk Menghitung berapa kisaran laba yang akan didapat juga termasuk ke dalam perencanaan bisnis. Bila terjadi hal tak terduga, hanya perlu mengurangi profit dengan pengeluaran fee. Dengan begitu, bisnis tidak akan mengalami bangkrut.

4. Cari Supplier dengan Harga Murah

Setelah menentukan produk apa yang nantinya akan dijual secara online, selanjutnya Anda direkomendasikan untuk mencari supplier atau dimana bisa membeli produk untuk pasokan dengan harga yang terjangkau.

Untuk mencari supplier, paling tidak ada beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya lokasi supplier kalau bisa tidak terlalu jauh, harga yang ditawarkan terjangkau, tersedianya stok barang atas produk yang akan dijual, lancarnya berkomunikasi dengan pihak supplier.

5. Tentukan Harga Jual Terbaik

Sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan harga pasar terlebih dahulu. Ada baiknya tidak terlalu jauh memberi harga agar produk cepat laku. Jangan berfikir untung besar dahulu, namun maksimalkan penjualan barang dengan keuntungan minim sekalipun (jika masih awal).

Ada pula beberapa faktor yang seharusnya diperhatikan saat Anda menentukan harga produk antara lain, harga produk di pasaran, berapa biaya yang ditentukan oleh supplier atau pemasok produk, dan juga biaya operasional dalam mendatangkan barang.

6. Pilihlah Situs Jual Beli Online Terpercaya

Setelah semuanya selesai, saatnya Anda tentukan situs jual beli online mana yang akan digunakan dalam berbisnis. Seperti halnya sosial media yaitu Facebook dan juga Instagram, ada pula dalam marketplace antara lain Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Atau Anda bisa berinisiatif dengan membuat website sendiri. Biasanya para calon pembeli akan merasa tertarik dengan desain situs web pribadi yang dimiliki penjual. Dari sini Anda bisa semakin menunjukkan kedekatan dalam berkomunikasi dengan para pelanggan.

Baca Juga : Ide Bisnis Menguntungkan Bagi Ibu Rumah Tangga

Hal yang Harus Diperhatikan Pebisnis Pemula

Bagi Anda yang ingin membuka usaha jual beli online maka ada baiknya persiapkan beberapa hal penting menyangkut produk dan penjualan kepada para pembeli terlebih dahulu. Meski terlihat mudah, tetapi menjalani bisnis seperti ini juga butuh ketekunan dan kesabaran.

Sebenarnya berbisnis secara online maupun offline itu tidak ada bedanya, hanya saja di zaman dengan teknologi semakin canggih seperti sekarang mengharuskan pelaku bisnis untuk bisa membuat strategi baru agar tidak kehilangan pelanggan setia. Sebab, mereka harus mengikuti perkembangan di masa kini.

Di samping hal itu, yang namanya berbisnis semuanya juga perlu kesabaran dan ketekunan dalam menjalaninya agar bisnis berjalan dengan lancar. Hanya saja di zaman seperti sekarang ini semuanya serba canggih dan seakan menuntut pelaku bisnis bergerak lebih up to date saja.

Demikian ulasan singkat mengenai apa saja tips sukses bisnis online bagi pemula yang bisa Anda contoh sebagai awal mula membuka peluang usaha secara online. Semoga ulasan di atas mampu memberikan manfaat yang lebih untuk pambaca.

Tinggalkan komentar