Inilah Penyebab Kegagalan Bisnis yang Sering Terjadi

Membuka usaha bisnis memang memerlukan sebuah perjuangan, namun terlepas dari semua itu terkadang ada orang yang masih mengalami yang namanya “gagal” dalam berbisnis. Oleh karena itu, pahami beberapa penyebab kegagalan bisnis yang sering dialami oleh kebanyakan pelaku usaha.

Berbagai macam jenis bisnis yang dijalani oleh para pebisnis tak heran bila ada salah satu diantaranya mengalami kegagalan dalam merintis usaha tersebut. Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal penyebab kegagalan bisnis yang sering terjadi.

Penyebab Kegagalan Bisnis

bisnis gagal

1. Pelaku Usaha Belum Mahir Dalam Mengelola Modal dan Piutang

Salah satu penyebab dari terjadinya kegagalan dalam suatu usaha adalah pelaku bisnis tersebut tampaknya belum mahir dalam mengelola modal dan juga hutang piutangnya. Tak heran bila mereka mengalami gagal merintis usaha, apalagi menyisihkan modal saja tidak bisa.

Tak hanya itu saja, biasanya para pelaku usaha juga terlibat dalam masalah hutang piutang. Ketika modal tidak dihasilkan maka jalan keluar yang mereka lakukan adalah berhutang kepada bank maupun lembaga tertentu. Padahal itu penting karena bisa dibuat untuk membeli bahan baku.

2. Tidak Memiliki Pengetahuan Umum Tentang Bisnis yang Sedang Dijalankan

Poin selanjutnya yang membuat pelaku usaha mengalami kegagalan adalah mereka tidak memahami tentang bisnis apa yang sedang dijalani. Maka dari itu, sangatlah penting menjalankan sebuah usaha sesuai minat dan juga bakat Anda supaya nantinya bisa menangani konsumen dengan baik.

Ada baiknya Anda mampu menggunakan analisis SWOT yang biasanya digunakan dalam segala urusan bisnis. Dengan begitu, para pelaku usaha yang sedang menjalankan bisnis apapun bisa menelaah apa saja kelebihan dan kekurangan, peluang serta kekuatan dari usaha yang dijalankan.

Baca Juga : Ide Bisnis Minuman Kekinian

3. Tidak Melakukan Perencanaan Bisnis

Salah satu kegagalan juga dapat dilihat dari tidak mempunyai kesiapan matang dalam melakukan perencanaan bisnis. Itulah mengapa pelaku usaha bisnis banyak mengalami kegagalan karena mereka sama sekali tak ada rencana mengenai produk yang dijual.

Menjalankan sebuah usaha bisnis itu tidak hanya bermodalkan semangat saja, akan tetapi tetapkan juga visi misi serta tujuannya. Tak lupa mencari informasi lebih banyak tentang siapa konsumen Anda, dimana membeli bahan baku, cara memasarkan dan lain sebagainya.

4. Pelaku Usaha Tidak Melakukan Riset Pasar

Sebelum menjalankan suatu bisnis ada baiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu, ibarat jika akan bertempur di medan perang. Hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui kondisi lokasi supaya bisa mempersiapkan segala persiapan yang diperlukan untuk berperang.

Keuntungan dari melakukan riset pasar adalah, agar Anda tahu bagaimana respon para masyarakat akan produk yang akan diperjual belikan nanti. Jika tidak merencanakan point ini, tentu saja usaha bisnis tak akan bertahan lama. Mengingat selera konsumen mudah sekali berubah-ubah.

5. Pemasaran Lemah

Selanjutnya faktor yang menjadi penyebab kegagalan bisnis adalah pemasarannya lemah. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, tak hanya mengandalkan sosial media saja akan tetapi cobalah untuk memberikan promo agar konsumen mudah tertarik membeli produk Anda.

Tapi di samping itu Anda harus memiliki etika dalam memasarkan produk yang dijual, jika salah berpromosi bisa-bisa postingan dalam sosial media tersebut justru dianggap sebagai spam dan mengganggu. Bukannya mendapatkan pelanggan, mereka akan mengabaikan produk Anda begitu saja.

6. Terlalu Cepat Menggunakan Uang Modal

Maksud dari poin satu ini adalah adanya pelaku usaha bisnis yang memiliki sifat tak sabar dalam menggunakan uang yang dikhususkan membeli bahan baku. Maka dari itu, sangat penting untuk membedakan rekening pribadi dengan usaha.

Sebagai pelaku usaha bisnis seharusnya Anda memiliki rencana matang tentang berbagai persiapan terutama mengenai rekening usaha. Jangan sampai dijadikan satu dengan rekening pribadi atau nanti akan terpakai lalu uang modal justru habis sebelum dibelikan bahan baku.

7. Pelaku Bisnis Tidak Fokus Menjalankan Bisnisnya

Tidak fokus dalam menjalankan usaha juga salah satu faktor terjadinya kegagalan dalam merintis bisnis. Biasanya poin ini terjadi pada seorang pelaku bisnis yang mudah terkecoh dengan bisnis yang lebih menjanjikan dan mendapatkan profit besar daripada bisnis sebelumnya.

Seharusnya jangan begitu, yang namanya usaha bisnis itu perlu dijalankan dengan rasa sabar dan telaten. Jika mudah terkecoh begitu bagaimana bisa sukses?

Cobalah untuk bersabar dan menantikan hasilnya nanti. Jika Anda terlalu sibuk maka rekrutlah karyawan untuk membantu Anda dalam mengelola suatu bisnis.

Kesimpulan

Beberapa hal yang menjadi penyebab kegagalan bisnis adalah pebisnis tidak fokus dalam menjalankan bisnisnya. Mereka bekerja tanpa diawali dengan persiapan yang matang seperti riset produk dan riset pemasaran.

Selain itu, ketika suatu bisnis sedang dijalankan ternyata belum membuahkan hasil, mereka terlalu cepat putus asa dan tidak mencari apa permasalahannya.

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab kegagalan bisnis yang sering dialami oleh banyak para pelaku usaha bisnis dimanapun. Jadilah seorang wirausahawan yang mampu bekerja dengan baik dan memberikan contoh kesuksesan kepada pebisnis lainnya. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar