Media Online Pemasaran Bisnis Kuliner Paling Ampuh

Saat Anda memulai suatu usaha di bidang kuliner, tentu harus diikuti dengan beragam strategi menuju kesuksesan. Salah satunya dengan memilih media online pemasaran bisnis kuliner yang tepat. Bagi para pemula, terkadang akan merasa kesulitan.

Bisnis kuliner memang terlihat mudah dijalani dan resiko kerugiannya kecil. Namun jika tidak didukung dengan media pemasaran yang tepat, mungkin saja Anda akan mengalami bisnis gagal. Berikut beberapa contoh marketing platform yang dapat Anda pilih:

Media Online Pemasaran Bisnis Kuliner

media sosial pemasaran bisnis kuliner

1. Facebook

Dari sekian banyak media sosial yang ada, social network milik Mark Zuckerberg ini masih menjadi primadona di kalangan pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Dengan desain interface yang simpel dan mudah dipahami, Facebook merupakan pilihan tepat sebagai media sosial pemasaran bisnis kuliner.

Facebook memiliki beberapa opsi untuk pemasaran. Selain Anda bisa bergabung dalam grup atau forum jual beli yang sudah ada, bagi para pengguna lama FB versi lite, akan diberi kesempatan untuk menjajal fitur marketplace di dalamnya. Sehingga dapat langsung terhubung dengan calon pembeli.

2. Instagram

Media online pemasaran bisnis kuliner yang tak kalah populer di seluruh belahan dunia adalah Instagram atau yang biasa disebut IG. Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan, diantaranya upload foto, feed, story serta hashtags.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kerjasama berbayar dengan para selebgram atau istilah lain untuk menyebut seseorang yang memiliki banyak sekali pengikut di Instagram. Caranya ialah Anda meminta selebgram tersebut untuk memasarkan produk dari bisnis minuman Anda dengan imbalan berupa uang.

3. Marketplace Online

Marketplace online adalah istilah lain dari pasar di dunia maya yang menjadi perantara Anda dengan pembeli. Sebut saja contohnya OLX, Bukalapak, Shopee, Blibli, Tokopedia dan Lazada. Selain mempunyai website resmi, marketplace online ini juga mempunyai aplikasi yang biasanya tersedia di Playstore atau App Store.

Catatan penting, jika Anda memilih marketplace sebagai media online pemasaran produk, ada baiknya pilihlah yang menyediakan rekening bersama. Ini sangat penting untuk meminimalisir tindakan penipuan antara penjual dan pembeli. Sehingga keamanan transaksi jual beli lebih terjamin.

Lihat Juga : Tips Sukses Bisnis Online Bagi Pemula

4. Youtube

Berbeda dengan media sosial lainnya, Youtube merupakan platform untuk mengunggah file dalam bentuk video saja. Sejak beberapa waktu belakangan ini, Youtube sudah menyediakan fitur untuk iklan berbayar yang biasanya muncul di sela-sela video yang sedang diputar.

Anda bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar tersebut dengan mengikuti langkah – langkah yang sudah ditentukan. Selain itu, pengusaha kuliner juga dapat bekerja sama dengan Youtuber yang khusus mengulas wisata kuliner, sebut saja seperti Koko Buncit, Nex Carlos, dan Tanboy Kun.

5. WhatsApp

WhatsApp memang merupakan media sosial yang mengutamakan fitur chat dengan menggunakan nomor telepon. Akan tetapi, di dalamnya ada fitur untuk membuat grup maupun mengunggah status yang dapat dilihat oleh orang-orang yang ada pada kontak Anda. Aplikasi WhatsApp ini sangat cocok dijadikan sebagai media online pemasaran bisnis kuliner Anda.

Dengan Whatsapp, Anda bisa membuat grup khusus yang berisi orang-orang di kontak Anda atau bergabung pada Whatsapp group yang sudah ada untuk memasarkan produk. Semakin banyak nomor orang lain yang Anda simpan maka semakin besar peluangnya mendapatkan calon pembeli.

Selain memanfaatkan media sosial sebagai media online pemasaran bisnis kuliner, Anda juga bisa menggunakan cara konvensional dalam pemasaran produk kuliner, yaitu dengan mempromosikannya secara langsung seperti membuka warung atau kafe yang menarik.

Tinggalkan komentar