6 Tips Memilih HP Gaming Terbaik Tahun 2020

tips memilih hp gaming terbaik

Butuh tips memilih hp gaming yang bagus di tahun 2020 ? Tahun sudah berganti, tips memilih hp untuk gaming beberapa tahun lalu mungkin sudah tidak valid lagi. Di tahun 2020, banyak game bagus bermunculan dengan kualitas grafis yang jauh lebih kompleks. Semakin kompleks game yang dimainkan, semakin tinggi pula spesifikasi hp yang dibutuhkan. Semakin sering game di-update, konten dan fitur di dalam game akan semakin banyak. Oleh karena itu, hp jadul mungkin akan kesulitan untuk memainkannya.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum beli hp untuk gaming atau upgrade hp lama ke hp baru yang spesifikasinya lebih tinggi. Jangan sembarangan beli hp, karena harga bukan faktor utama untuk menentukan sebagus apa performa hp saat memainkan game. Bisa saja hp yang murah punya performa lebih baik dibanding hp yang mahal. Untuk itu, silakan ikuti tips memilih hp gaming berikut ini:

1. Gunakan HP dengan Chipset Gaming


Processor atau chipset adalah salah satu poin penting saat memilih hp gaming. Untuk menjalankan game yang berat tentunya membutuhkan dukungan chipset yang kencang dan stabil. Pilihan processor terbaik saat ini ada 5, yaitu: Snapdragon yang umum digunakan di semua hp gaming, Mediatek hanya seri tertentu, Exynos andalan Samsung, Kirin chipset besutan Huawei, dan Apple Chip yang hanya ada di iPhone.

2. Ukuran RAM Yang Digunakan


Semakin besar kapasitas RAM, semakin besar pula kemampuan hp untuk mengelola informasi. Kapasitas RAM yang besar bisa mempengaruhi performa gaming hp kamu. Saya sarankan beli hp gaming dengan kapasitas RAM minimal 4GB untuk Android dan 3GB untuk iOS. RAM yang digunakan di hp berbeda dengan yang dipakai di PC. Hp menggunakan RAM jenis LPDDR yang dirancang agar lebih hemat energi.

3. Kapasitas Baterai


Saat memilih hp gaming, disarankan untuk beli hp yang kapasitas baterainya besar. Kenapa ? Karena gaming akan menguras banyak energi. Kalau kapasitas baterainya kecil, kamu cuma bisa main game sebentar. Tentu tidak akan memuaskan bukan ? Untuk ukuran hp gaming tahun 2020, direkomendasikan yang punya kapasitas baterai minimal 4000 mAh.

4. Memori Internal


Kapasitas penyimpanan internal jadi salah satu faktor penting saat memilih hp gaming. Kapasitas yang disarankan untuk hp gaming di tahun 2020 adalah minimal 64 GB. Kapasitas sebesar itu sudah cukup untuk instal beberapa game dengan grafis terbaik dan rakus memori. Jika bisa beli hp dengan memori internal lebih besar maka lebih baik. Peran memori eksternal (MicroSD) untuk hp gaming tidak terlalu berpengaruh karena toh data-data aplikasi hanya bisa disimpan di memori internal, bukan eksternal.

5. Ukuran Layar


Ukuran dan resolusi layar sebenarnya tidak punya pengaruh besar terhadap performa gaming. Hanya saja ukuran dan resolusi layar akan memberi kepuasan sendiri saat main game. Resolusi tinggi membuatmu bisa mencari musuh lebih mudah saat main game Battle Royale. Sementara itu, layar yang besar membuat gaming terasa memuaskan. Kamu bisa lihat tampilan grafis yang lebih penuh. Untungnya kebanyakan hp gaming saat ini sudah mengadopsi layar Full Screen dengan aspek rasio di atas 18:9, tentunya nyaman untuk diajak main game.

6. Skor AnTuTu


Cara paling mudah untuk memilih hp gaming yang bagus adalah dengan lihat skor AnTuTu-nya. Skor AnTuTu memang tidak bisa dijadikan standar untuk menilai bagus tidaknya hp. Namun ini bisa menjadi penilaian standar dan paling mudah untuk orang awam. Untuk ukuran hp gaming tahun 2020, lebih baik pilih hp gaming dengan skor AnTuTu di atas 100,000.
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter